PENGARUH PELAYANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI JASA TRANSPORTASI KERETA API PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan pengawasan terhadap kepuasan pemakai jasa transportasi kereta api pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan. Untuk memperoleh data dan keterangan yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua metode penelitian, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan (X1) dan pengawasan (X2), sedangkan varibel terikat adalah kepuasan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah para penumpang yang menggunakan jasa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan sebanyak 30 responden di stasiun kereta api pusat, Medan.  Pengambilan sampel dilakukan  secara acak (simple random sampling).  Analisis data menggunakan uji regresi linier.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan berpengaruh nyata terhadap tingkat kepuasan pemakai jasa pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan. Pengawasan berpengaruh nyata terhadap tingkat kepuasan pemakai jasa pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan.