PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan perencanaan teknologi informasi dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mengacu pada pendapat beberapa ahli dan hasil-hasil penelitian terdahulu. Sesuai dengan perkembangan konsep strategi, perencanaan strategi juga mengalami perubahan. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus memiliki kompetensi inti atau sebuah starategi. Sumber kekuatan kompetensi inti adalah penciptaan strategi baik yang dikehendaki maupun yang muncul secara tiba-tiba. Perusahaan yang memiliki data dan informasi dapat menjadi perusahaan yang dapat memimpin pasar persaingan. Dengan adanya komputer, perusahaan dapat mengetahui pegelompokan profil konsumen, mengenai selera konsumen, respon konsumen terhadap produk. Perusahaan dituntut untuk bisa bersaing dalam dunia bisnis agar menjadi perusahaan yang dapat memimpin pasar.