FUNGSI KEUCHIK DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GLUMPANG BARO KABUPATEN PIDIE

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini: a) Untuk mengetahui sejauhmana fungsi Keuchik dalam pelayanan publik di Kecamatan Glumpang Baro Kebupaten Pidie. b) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami Keuchik dalam pelayanan publik tersebut. c) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Keuchik untuk menaggulanginya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Mengambil sampel 60 orang dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi Keuchik Gampong dalam pelayanan publik sangat menentukan keberhasil di segala sektor pembangunan Gampong, tidak terlepas dari didukung masyarakat secara nyata dalam proses pembangunan tersebut, selain itu upaya mamajukan pemerintahan dan pembangunan Gampong, orang yang sangat berperan yaitu Keuchik. Fungsi Keuchik dalam pelayanan publik belum sepenuhnya terlaksana dikarenakan dijumpai berbagai faktor penghambat. Hambatan-hambatan dimaksud antara lain Keuchik belum sepenuhnya berhasil dalam pelayanan publik dikarenakan sarana dan prasarana dalam rangka pelayanan publik belum memadai seperti kantor Keuchik belum ada, komputer juga belum ada, kemampuan Keuchik masih terbatas, karena dalam pelayanan publik khususnya dalam pembuatan surat menyurat sudah menggunakan komputer, sementara perangkat gampong di beberapa Gampong belum mampu mengoperasikan komputer.Kata Kunci : Fungsi, Keuchik, Peayanan Publik.