PENERAPAN PENDEKATAN STRATEGI PEMBELAJARAN METODE CYCLE LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK TATA SENYAWA ORGANIK DAN ANORGANIK KELAS XII SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
AbstrakPenerapan Pendekatan Strategi Pembelajaran MetodeCycle Learning Sebagai Upaya Untuk MeningkatkanHasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Materi Pokok Tata Senyawa Organik DanAnorganik Kelas XII SMK Negeri 5 MedanTahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk Penerapan Pendekatan Strategi Pembelajaran Metode Cycle Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Materi Pokok Tata Senyawa Organik Dan Anorganik Kelas XII SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Metode Cycle Learning dengan hasil sebagai berikut : (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 46,80, pada siklus I meningkatkan menjadi 60,08 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 71,6, terdapat pningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 76% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 92% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 24% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 8% dengan kata lain hanya 2 orang siswa saja yang memperoleh nilai 50 dan selebihnya (23) orang siswa memperoleh nilai 60 dan di atas 60. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran, Metode Cycle Learning.