PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME DALAM MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kontruktivisme dalam mengurangi miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika. Penulisan ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research). Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model belajar konstruktivis tidak berorientasi pada produk tetapi berorientasi pada proses. Pembelajaran tidak dirasakan sebagai suatu proses pembebanan yang semata-mata berorientasi pada kemampuan siswa dalam merefleksikan apa yang dikerjakan atau diinformasikan guru. Model belajar konstruktivis sangat memperhatikan jaringan ide-ide yang ada dalam struktur kognitif siswa. Transformasi pengetahuan dalam konstruktivisme adalah pergeseran siswa sebagai penerima pasif informasi menjadi pengkonstruksi aktif dalam proses pembelajaran. Siswa dipandang sebagai subyek yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pembelajaran fisika sangat sarat dengan konsep-konsep yang membutuhkan penalaran tinggi, sehingga para guru fisika sebaiknya selalu memperhatikan penalaran formal yang telah dimiliki siswa.