HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gunung Sitoli tahun ajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gunung Sitoli yang berjumlah 30 orang. Variabel bebas dalam peneltian ini adalah motivasi (X1) dan kebiasaan belajar (X2), sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar matematika (Y). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan u ji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa semester I kelas IX SMP Negeri 2 Gunung Sitoli. Semakin tinggi motivasi belajar siswa dan kebiasaan belajar maka makin tinggi pula prestasi belajar matematika.