PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 PADANG SIDEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori belajar ausubel terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel bebas (independent variable) adalah pengajaran menggunakan teori Ausubel dan pengajaran konvensional. Variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan kelas secara random dengan sistem undian. Satu kelas dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas yang dikenai perlakuan pembelajaran dengan menerapkan teori belajar ausubel dan kelas lainnya dijadikan kelas kontrol yaitu kelas yang dikenai pembelajaran konvensional. Jumlah sampel murid kelas ausubel sebanyak 30 sampel dan kelas konvensional sebanyak 28 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar ausubel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Pecahan di SD Muhammadiyah 1 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2014/2015.