PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTs. SWASTA IRA MEDAN

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang praktis, (2) Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang efektif, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari: Silabus, RPP, LKS dan Instrumen Evaluasi atau Tes Hasil Belajar (THB). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Swasta IRA Medan yang berjumlah 85 siswa, dengan mengambil sampel satu kelas, berjumlah 42 siswa melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi segiempat kelas VII-A MTs. Swasta IRA Medan adalah praktis dan efektif. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah terjadi peningkatan.Kata kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan Realistic Mathematics Education, model 4D, pemecahan masalah.