PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI ON THE JOB TRAINING DI SMK NEGERI 1 GOMO, NIAS SELATAN

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini ingin mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru-guru SMK Negeri 1 Gomo, Kabupaten Nias Selatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan pola on the job training. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gomo, Kabupaten Nias Selatan. Tahapan kegiatan atau tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Evaluasi, serta Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa on the job training dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPP Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi guru-guru SMK Negeri 1 Gomo, Kabupaten Nias Selatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian yang dilakukan dengan cara membandingkan perolehan nilai dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 2,11 pada siklus I menjadi 2,76 pada siklus II. Atau ada kenaikan sebesar 0,65 poin. On the job training pun ternyata dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi peserta selama mereka mengikuti pelatihan.