PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMOHON SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN LALULINTAS POLRESTA GUNUNG SITOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) pada satuan lalulintas Polresta Gunung Sitoli. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Gunung Sitoli, yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018. Jumlah sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orang pemohon SIM pada Satlantas Polresta Gunung Sitoli. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel bebas dalam peneitian ini adalah kualitas pelayanan (X). Sedangkan variabel terikat adalah kepuasan masyarakat (Y). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Satuan Lalu Lintas Polresta Gunung Sitoli tergolong cukup baik dan baik dan masih terdapat, sehingga perlu peningkatan kualitas pelayanan. Kepuasan masyarakat pemohon SIM pada Satuan Lalu Lintas Polresta Gunung Sitoli sudah tergolong cukup baik dan baik, tetapi masih dapat ditingkatkan menjadi sangat baik. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan masyarakat pemohon SIM, artinya apabila kualitas pelayanan meningkat maka akan diikuti oleh peningkatan kepuasan masyarakat pemohon SIM.