PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP EFEKTIFITAS KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 FANAYAMA, KABUPATEN NIAS SELATAN

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah agar ditemukan cara terbaik dalam peningkatan disiplin guru sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil proses belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru pada SMP Negeri 1 Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Tempat penelitian ini di SMP Negeri 1 Fanayama, Kabupaten Nias Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : dokumentasi, observasi atau pengamatan dokumentasi dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran hasil belajar siswa sebagai indikator efektifitas proses belajar mengajar guru yang tercermin dalam nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada setiap kali pertemuan. Sedangkan observasi dan pengamatan dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang keadaan disiplin guru baik disiplin waktu maupun dalam pengadaan administrasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah dalam mengelola waktu dapat meningkatkan kinerja guru dan pada akhirnya secara keseluruhan meningkatkan kinerja sekolah. Kemampuan guru dalam mengelola waktu berdampak pada suksesnya program-program sekolah seperti program tahunan, program semester, dan rencana pengajaran.