UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN TEKNIK GAMBAR PELAJARAN TEKNIK SURVEI LAPANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN TA. 2015/2016

Abstract

Pengajaran Teknik Survei Lapangan saat ini masih menunjukkan peluang yang luas untuk diadakan upaya perbaikan. Hal ini ditandai dengan masih rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam Pembelajaran Teknik Survei Lapangan. Studi awal yang dilakukan di SMK Negeri 5 Medan, menunjukkan rata-rata nilai Teknik Survei Lapangan siswa masih di bawah 6,5 atau sekitar 50% yang mencapai ketuntasan belajar. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran masih tergolong kurang, ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang pasif dalam pembelajaran dan masih enggan untuk bertanya. Metode yang digunakan guru dalam Pembelajaran Teknik Survei Lapangan juga masih tergolong kurang variatif dan lebih banyak menggunakan metode ceramah.Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes siswa sebelum diberikan pembelajaran sebesar 28,0 atau seluruh siswa termasuk belum berhasil. Rata-rata hasil belajar siswa (postes) pada siklus I sebesar 64,67 dan secara kelas dinyatakan siswa belum mencapai keberhasilan belajar yaitu hanya 53,3% yang telah berhasil. Rata-rata hasil belajar siswa (postes) pada siklus II sebesar 82,0 dan secara kelas siswa telah mencapai keberhasilan belajar yaitu sebesar 93,3% yang telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Survei Lapangan pokok bahasan menentukan teknik gambar di kelas X SMK Negeri 5 MedanKata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa dan Teknik Survei Lapangan