EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SECARA BERKELOMPOK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Namun agar mendapatkan output yang maksimal, PBM sebaiknya dikombinasikan dengan media dan teknik yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dan efektivitas PBM secara berkelompok meng-gunakan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan 3 kelas yang ditentukan secara random. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan memecahkan masalah. Data dianalisis dengan meng-gunakan ANACOVA dan uji lanjut Tukey dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1)Terdapat pengaruh PBM dan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan mikrobiologi, (2)PBM kelompok menggunakan multimedia interaktif lebih efektif meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa dibandingkan dengan PBM klasik+multimedia interaktif dan Konvensional+media linier