PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI No. 071122 TELUK DALAM, KABUPATEN NIAS SELATAN

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untk mengetahui pengaruh supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri 071122 Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SD Negeri 071122 Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 6 orang guru yang terdiri dari 2 orang guru laki-laki dan 4 orang guru perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan dengan dua siklus yaitu siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik dapat meningkatkan motivasi guru pada aspek penilaian. Supervisi akademik dapat meningkakan aktifitas kinerja guru di SD Negeri 071122 Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.