Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi substansi genetika di kelas XII IPA2 SMA Negeri 2  siak hulu Kabupaten Kampar dengan pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada materi substansi genetika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2  siak hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran model kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi genetika di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar.