Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid

Abstract

Literasi ilmiah adalah hal penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi, kemajuan, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada pembelajaran Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah tes literasi ilmiah dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pencapaian literasi sains siswa masing-masing indikator menunjukkan bahwa menerapkan pengetahuan yang sesuai adalah 71,67%, mengidentifikasi 76%, memprediksi 75%, mengajukan hipotesis jelas adalah 76,25%, menunjukkan cara untuk menyelidiki pertanyaan ilmiah adalah 58,75%, dan menggambar kesimpulan yang tepat adalah 76,25%. Hasil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa skor rata-rata postes adalah 72,32% pada kategori baik.