Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar pada tema panas dan perpindahannya yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate yang dimodifikasi menjadi tiga 3-D yaitu define, design, develop (pendefenisian, perancangan, dan pengembangan). Data penelitian diperoleh dari uji validitas yang diperoleh melalui lembar validasi dari lembar kerja peserta didik yang diberikan kepada tiga orang validator ahli. Berdasarkan hasil analisis data validasi diperoleh rata-rata persentase untuk aspek isi 76,67% (layak), aspek model sains teknologi masyarakat 80% (layak), aspek format 82% (sangat layak), aspek bahasa 93% (sangat layak) dan aspek penyajian 82% (sangat layak). Persentase validitas rata-rata adalah 82,73% dengan kategori sangat layak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar pada tema panas dan perpindahannya dapat digunakan untuk pembelajaran