Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik, pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran terpadu, mengembangkan kemampuan berpikir siswa, menanamkan sikap spiritual dan sosial, dan menggali kemampuan komunikasi serta kolaborasi siswa. Berdasarkan kajian literatur, masih banyak sekolah yang mengajarkan IPA secara parsial. Ternyata ada banyak kendala yang dihadapi oleh guru selama proses pelaksanaan pembelajaran IPA secara terpadu dan salah satunya adalah guru kesulitan merancang pembelajaran model IPA terpadu. Adapun proses pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah berdasarkan studi pustaka berupa jurnal dan buku yang kemudian dianalisis dan disintesis. Adapun tujuan dari kajian literatur ini adalah mengajukan satu model pembelajaran IPA terpadu yang dapat digunakan guru dalam pelaksanannya di kelas yaitu tipe integrated yang dapat didukung dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing selama proses pembelajarannya. Berdasarkan hasil analasis 16 jurnal dan 10 buku dapat diketahui bahwa model inkuiri terbimbing dianggap sesuai untuk pembelajaran tipe integrated karena mampu menggali pengetahuan siswa di berbagai displin ilmu melalui penyelidikan yang di dalamnya terdapat kegiatan eksperimen dan mengomunikasikan melalui diskusi.