Intelektualitas Kewirausahaan Pedagang Perempuan di Pasar Tradisional

Abstract

Kemampuan perempuan dalam kewirausahaan merupakan tolok ukur dalam memberikan tambahan pendapatan ekonomi bagi keluarga. Hal itu menjadikan adanya partisipasi perempuan dalam perekonomian, sehingga adanya partisipasi tersebut menunjukkan peran strategis perempuan selain sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, aktivitas perekonomian yang dilakukan perempuan dapat terjadi di pasar tradisional. Pasar tradisional telah menjadi pusat perekonomian masyarakat, khususnya di desa. Dalam hal ini, penelitian ini akan memfokuskan pada kemampuan kewirausahaan perempuan sebagai pedagang di pasar tradisional, yakni di pasar Laris Desa Kendalrejo Petarukan Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografis dengan unit analisis individu dalam masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, serta studi pustaka dengan mengumpulkan data primer dan sekunder.