IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL USING A PROCESS APPROACH

Abstract

Ketrampilan menulis merupakan jenis ketrampilan berbahasa yang membutuhkan baik kemampuan tatabahasa dan pengorganisasian ide. Untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa bukanlah upaya yang sederhana, tetapi merupakan upaya yang membutuhkan cara-cara tertentu. Pengajaran  ketrampilan menulis yang selama ini diterapkan di kelas lebih berorientasi pada pendekatan tradisional di mana pengajar ketrampilan menulis menyuruh siswa untuk menuliskan karangan dan karangan tersebut dikumpulkan untuk dikoreksi. Pada pendekatan ini siswa tidak diberi kesempatan untuk memasuki dunia nyata dalam menulis yaitu mencari topik, membuat kerangka karangan, menuliskan draft awal, merivisi dan menulis draft akhir. Langkah-langkah tersebut bisa dijumpai dalam pendekatan proses. Dengan menggunakan pendekatan tersebut dalam pengajaran ketrampilan menulis, siswa merasakan pembelajaran yang bermakna dan siswa dapat meningkatkan ketrampilan menulis mereka.