Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan Kalimantan Timur
Abstract
Abstrak Pembelajaran bahasa Arab dinilai sulit terutama mahasiswa baru lulusan umum yang dihadapkan pada matakuliah yang cukup berat dengan menggunakan buku klasik. Hal ini dikarenakan kurangnya kreatifitas yang dimiliki dosen dalam memilih bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa lulusan sekolah umum, adanya variasi bahan ajar dengan memperhatikan sudut pandang dinilai mampu untuk mengurangi terjadinya disparitas pengajaran bahasa. Perlu adanya pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan minat dan pengembangan kemampuan bahasa Arab mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan. Adanya disparitas antara bahan ajar yang lama terhadap bahan ajar baru dalam hal minat dan peningkatan kemampuan bahasa asing mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan.Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi maka penulis melakukan analisis Masalah dengan cara melakukan USG dan Fishbone terhadap mahasiswa STIT Balikpapan. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat kesulitan di kalangan mahasiswa dalam memahami buku bahasa Arab yang lama dan lebih memahami buku bahasa Arab yang baru.Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan lebih meminati bahan ajar yang baru dibanding bahan ajar lama sesuai dengan penilaian bahwa bahan ajar lama mendapatkan nilai sangat baik dengan total skor 9.2 dibanding penilaian bahan ajar yang lama hanya mendapatkan penilaian cukup dengan total skor 7.4.