PRINSIP KONTINUITAS DALAM EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Evaluasi pembelajaran meliputi kegiatan pengukuran dan penilaian terhadap perkembangan hasil belajar peserta didik. Dengan begitu, evaluasi harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur dan menilai perkembangan hasil belajar peserta didik tersebut. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan mendasarkan diri pada prinsip-prinsip yeng telah ditetapkan. Di antara prinsip tersebut adalah prinsip kontinuitas. Prinsip kontinuitas menghendaki evaluator melaksanakan evaluasi secara berkesinambungan dari waktu ke waktu agar mendapatkan kesimpulan yang benar terhadap perkembangan hasil belajar peserta didik tersebut. Evaluation of learning includes measurement and assessment of the learning outcomes of learners. Thus, the evaluation should be carried out with the best in order to avoid errors in measuring and assessing the learning outcomes of learners. A good evaluation is an evaluation that is done by basing themselves on the principles that have been established. Among these principles is the principle of continuity. The principle of continuity requires the evaluator to continuously evaluate from time to time in order to get a correct conclusion on the learning outcomes of the learners.