Implementasi Pendidikan Akhlak Dan Reward-Punishment Di SMP Al-Ulum Jalan Utama Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak dan reward-punishment di SMP Jalan Utama Medan. Strategi penerapan pendidikan akhlak dan reward-punsihment terdiri dari dua strategi, yaitu strategi di luar kelas dan dalam kelas. Strategi di luar kelas adalah dengan tiga cara, yaitu pertama memberdayakan struktur organisasi sekolah yang terlibat langsung dengan Pendidikan Akhlak, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Wali Kelas, Guru Piket dan Guru Bidang Studi. Kedua adalah dengan cara menerapkan dan mengawasi pelaksanaan peraturan disiplin sekolah. Ketiga membiasakan siswa untuk disiplin dan saling menghargai. Adapun strategi di dalam kelas adalah seperti biasa, hanya saja perbedaannya dengan sekolah lain adalah pertama, memasukkan mata pelajaran akhlak dalam kelas sebagai muatan lokal, kedua guru bidang studi akhlak memilih materi-materi yang sesuai dengan usia remaja, dan yang ketiga menggunakan media pembelajaran. Untuk penerapan reward ditempuh dengan dua cara, yaitu pertama, publikasi, kedua, pemberdayaan siswa dan pengaktualisasian diri siswa dalam kegiatan. Sedangkan penerapan punishment adalah penasehatan, penugasan siswa dan pemanggilan orang tua.