Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Washliyani Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perilaku siswa di SMP Swasta Washliyani Medan; 2) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku siswa; 3) Untuk mengetahui perilaku siswa setelah dilaksanakannya pembinaan perilaku di SMP Swasta Washliyani Medan; 4) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan pembinaan perilaku di SMP Swasta Washliyani Medan. Penelitian ini peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data yaitu, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang upaya guru dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Swasta Washliyani Medan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Perilaku siswa di SMP Swasta Washliyani Medan ini cenderung kurang baik, hal ini ditandai dengan: a) siswa kurang disiplin; b) siswa kurang sopan dengan guru dan orang tua; c) siswa kurang taat dengan peraturan yang dibuat sekolah. 2) Pihak sekolah telah banyak membuat kegiatan-kegiatan untuk membina perilaku siswa antara lain adalah: a) Memasukkan nilai-nilai keagamaan sebelum memulai pembelajaran; b) Melakukan shalat ashar berjama’ah; c) Kegiatan paskibra dan pramuka yang mampu mengajarkan siswa tentang kedisiplinan; d) Pengajian bulanan; e) Guru pendidikan agama Islam memberikan motivasi dengan penambahan nilai untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, bagi siswa yang aktif mengikuti kegiatan pengajian dan menjadikan siswa tersebut sebagai pengurus osis di sekolah. 3) Perilaku siswa setelah dilaksanakannya pembinaan perilaku antara lain: a) Siswa semakin sopan terhadap guru dan orang tua; b) Siswa sudah memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat; c) Siswa semakin disiplin dan taat terhadap peraturan sekolah.