Pengaruh Hukuman Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs Babul Ulum PajakRambe Kecamatan Medan Labuhan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh hukuman siswa MTs Babul Ulum, 2) Kedisiplinan MTs Babul Ulum, 3) Pengaruh hukuman terhadap kedisiplinan MTs Babul Ulum pajak rambe. Penelitian ini menggunakan metode, angket, interview, dokumentasi dengan teknik korelasi sebanyak 36 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis korelasi. Berdasarkan uji hipotesis diketahui hukuman memiliki hubungan yang sangat erat dengan kedisiplinan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi dan korelasional bahwa hukuman memiliki pengaruh negatif dengan kedisiplinan, yaitu sebesar 0,268, sehingga pada taraf signifikan 5% didapatkan rt0,329 dan taraf signifikan 1% didapatkan rt adalah 0,424. Karena rxy > rt, maka hasilnya non signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi Y =0,360-31470 dengan hasil Fregsebesar 2,625. Karena Freghasil lebih besar dari Ftbaik pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,08 dan taraf signifikansi 1% yaitu 7,81, maka hasilnya juga menunjukkan non signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi MTs Babul Ulum terutama bagi siswa dan lingkungan sekitar. Dan diharapkan kepada semua pihak yang berkaitan dengan MTs Babul Ulum mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan ajaran Islam.