Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menjadi Lebih Mandiri Melalui Bermain Bahan Alam
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pendidikan karakter Anak Usia Dini menjadi lebih mandiri. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun yang belum mandiri pada kelompok B TK Citra Kasih kecamatan STM Hilir berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 5 orang laki-laki.. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa kemandirian anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) adalah sebanyak 6 orang anak (60%). Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%). Respon anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 orang anak (50%) dan pada siklus II yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%), dengan meningkatnya kemandirian pada siklus I hingga siklus II dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran di sentra bahan alam dapat meningkatkan kemandirian anak.