PERAN BIMBINGAN KONSELING GURU BK DALAM PENANGGULANGAN DAMPAK PSIKOLOGIS ANAK PUTUS SEKOLAH (DI SMK NW WANASABA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Abstract

Peran pendidikan Islam dalam konteks Islam adalah sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusiadari aspek-aspek rohani dan jasmani yang harus berkembang secara bertahap. Adapun masalah-masalah yang diteliti, yaitu faktor-faktor yang menyebabkananak putus sekolah dan bagaimana peran bimbingan konseling terhadap anakyang putus sekolah. Upaya-upaya yang dilakukan guru BK dalam menuntaskankesulitan untuk melanjutkan sekolah siswa, khususnya siswa yang mengalamikesulitan pembiayaan untuk melanjutkan pendidikannya, yaitu memberikandukungan dan motivasi, memberikan keringanan dalam pembayaran spp sertamembangkitkan perhatian peserta didik agar dia bisa melanjutkan pendidikan danselalu menghargai peserta didiknya yang kurang mampu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui proses wawancara, penerapanbimbingan yang diberikan kepada peserta didiknya. Data tersebut diperolehmenggunakan metode kualitatif. Selanjutnya, hasil penelitian yang diperoleh adalah data guru,data murid, struktur organisasi sekolah, data anak putus sekolah dan saranaprasarana. Adapun kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa peran BimbinganKonseling Guru BK dalam Penanggulangan Dampak Psikologis Anak PutusSekolah di SMK NW Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok TimurTahun Pelajaran 2015.