Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Prososial

Abstract

Menipisnya perilaku prososial siswa adalah salah satu masalah yang terkait dengan bagaimana siswa memahami tentang perilaku prososial, apa yang mereka rasakan ketika mereka melihat kesulitan orang lain dan kecenderungan apa yang akan muncul ketika akan bersikap prososial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara konformitas teman sebaya dengan sikap siswa terhadap perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe deskriptif korelasional. Populasi adalah 322 siswa dan sampel adalah 62 siswa yang dipilih dengan teknik propotionate stratified random sampling. Instrumennya adalah konformitas teman sebaya dan sikap siswa terhadap skala perilaku prososial. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwakonformitas teman sebaya siswa berada pada kategori tinggi, dan sikap siswa terhadap perilaku prososial berada pada kategori baik, ada hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan sikap siswa terhadap perilaku prososial. Implikasi dari penelitian ini dapat dibuat sebagai penilaian kebutuhan siswa untuk menciptakan materi layanan bimbingan dan konseling