EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN: “PEDEKATAN EVALUASI PROGRAM BERORIENTASI TUJUAN (GOAL-ORIENTED EVALUATION APPROACH: RALPH W. TYLER)”

Abstract

Dari awal perkembangan evaluasi pendidikan sekitar tahun 1960-an sampai sekarang, tokoh-tokoh evaluasi telah mengembangkan sekitar puluhan model-model evaluasi. Berbagai model ini pula didasarkan pada pendekatan, bentuk-bentuk dan tujuan evaluasi. Model-model ini digunakan untuk mengevaluasi program atau kegiatan dalam berbagai aspek, baik itu dalam bidang politik, ekonomi, hukum, budaya dan pendidikan. Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau dilanjutkan. Diantara sekian banyak tokoh dalam berbagai model dan dan pendekatannya, salah satu tokoh evaluasi pendidikan yang terkenal adalah Ralp W Tyler. Ia berpendapat bahwa evaluasi adalah suatu proses menentukan apakah tujuan telah terealisasi atau belum. Penentuan pencapaian terhadap tujuan telah terealisasi atau belum, dirumuskan dengan 7 (tujuh) langkah evaluasi berorientasi tujuan Tyler. Tulisan ini bertujuan untuk menerangkan konsep, langkah dan tujuan dari model evaluasi yang dipelopori oleh Ralph W Tyler.