PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB MELALUI PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MTs. NURUL YAQIN DESA TENIGA KECAMATAN TANJUNG LOMBOK UTARA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Profesionalisme Guru Bahasa Arab melalui Pengembangan Buku Panduan Pemanfaatan Media Pembelajaran di MTs Nurul Yaqin Desa Teniga Kecamatan Tanjung Lombok Utara. Buku panduan yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar,penyajian, dan kegrafisan, dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada Develop, Tahap Disseminate tidak dilaksanakan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru di MTs Nurul Yaqin Desa Teniga Kecamatan Tanjung Lombok Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan lembar observasi. Masukan terhadap buku panduan hasil pengembangan pada tahap uji coba tertentu digunakan untuk dasar perbaikan buku panduan bahasa Arab pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan bahasa Arab adalah sebagai berikut. (1) Prosedur pengembangan yang digunakan, yaitu tahap pendefinisian meliputi analisis situasi, review literatur, dan analisis kebutuhan. Tahap perancangan meliputi pemilihan format produk dan penyusunan produk. Tahap pengembangan meliputi review produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk dan produk akhir (2) Kualitas buku panduan berdasarkan hasil penilaian ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan secara keseluruhan berkualitas “baik”. Berdasarkan penilaian dari para ahli, guru, dan teman sejawat dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran hasil pengembangan tersebut layak digunakan. (3) Respon guru terhadap modul pembelajaranbahasa Arab termasuk dalam kategori “baik”.