PEMBELAJARAN NAHWU DI MADRASAH QURAN WA AL HADITS (MQWH) PONDOK PESANTREN AL-AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Abstract

Madrasah Quran Wal Hadits (MQWH) merupakan institusi pendidikan di Pondok Pesantren Al-Aziziyah yang sampai saat masih konsisten menjaga tradisi yang menjadi warisan pesantren berupa kajian terhadap kitab-kitab kuning. Dengan demikian pendidikan di MQWH lebih menekankan pada penguasaan terhadap unsur-unsur kebahasaan (al anasir al lughowiyah) yang dalam hal ini adalah kajian terhadap ilmu Nahwu. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan investigasi untuk mencari formulasi pembelajaran Nahwu di MQWH dengan melakukan telaah terhadap tahapantahapan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran Nahwu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berupaya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk selanjutnya dikaji serta dianalisis dan menarik hasil akhir berupa kesimpulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran Nahwu di MQWH diformulasikan berupa distribusi materi pada kitab-kitab rujukan (Matnu al Jurmiyah dan Syarh Dahlan); (2) Pelaksanaan pembelajaran Nahwu di MQWH menggunakan metode deduktif yang selanjutnya didesain lebih spesifik dengan metode muhafazhah, ceramah, dan driil; (3) evaluasi pembelajaran Nahwu di MQWH menggunakan teknik tes dan non tes, namun evaluasi pembelajaran belum diterapkan secara komprehensif dan utuh karena evaluasi hanya dilakukan pada ranah kognitif dan masih terbatas pada ranah psikomotorik dan afektif.