PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar siswa dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data yang diinginkan berupa angka. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Berdasarkan pengertian tersebut maka yang menjadi variabel bebas pada penelitian ini adalah Sumber Belajar (X). dan Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Berdasarkan pengertian tersebut maka yang menjadi variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat belajar (Y). Ada beberapa teknik yang bisa dipergunakan untuk mengumpulkan data, satu sama lain punya fungsi yang berbeda , dan hendaknya dipergunakan secara tepat sesuai dengan tujuan penelitian dan jenis data yang ingin digali serta keadaan subjek (sumber informasi) penelitian. Teknik-teknik yang bisa dipergunakan untuk menggali data adalah: angket atau kuesioner, wawancara atau interviu, dan observasi atau pengamatan. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sumber belajar terhadap minat belajar Bahasa Arab siswa kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan mendapatkan nilai . Hasil persamaan regresi diperoleh F hitung = 2.204 dan F tabel =4.300 maka F tabel ≥ F hitung dengan demikian f tabel ≥f hitung ( 4.300 ≥ 2.204 ).