PENERAPAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRA’AH) PADA KELAS II MA PLUS NURUL ISLAM SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kajian terhadap Penerapan Strategi DRA (Directed Reading Activity) Dalam Pengajaran Membaca (Qira’ah) di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Hambatan yang dihadapi dalam Penerapan Strategi DRA (Directed Reading Activity) dan solusi yang dilakukan guru bahasa Arab dalam menghadapi hambatan pada Penerapan Strategi DRA (Directed Reading Activity) di kelas II. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram dengan melibatkan komponen yang ada di dalam Madrasah tersebut sebagai sumber data atau subjek penelitiannya. Adapun metode yang peneliti pakai dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan data temuan di lapangan, peneliti dapat simpulkan bahwa dalam Proses penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dalam pengajaran membaca (Qira’ah) dapat digolongkan sebagai bagian dari membaca keras ( ةيرهجلا ةءارقلا ), membaca dalam hati ( ةته اصلا ةءارقلا ) dan membaca analitis ( ةيللحتلا ةءارقلا ). Oleh karena strategi itu menuntut siswa memperoleh kemampuan pemahaman terhadap teks membaca yang jelas melalui langkah-langkah pembelajaran yang sistematis, mulai dari membaca dalam hati atau bersuara sampai pada membuat kesimpulan berdasarkan bacaan yang diberikan dengan menghubungkan berbagai pengetahuan yang telah dipunyai siswa sebelumnya maupun sesudah membaca. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dalam pengajaran membaca (Qira’ah) pada kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi guru kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram juga melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, agar pengajaran bahasa Arab di kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram dapat berjalan cukup optimal, salah satunya yaitu dengan membentuk kelompok belajar dan tugas siswa serta memberikan motivasi pada siswa dengan senantiasa memberikan keyakinan tentang manfaat bahasa Arab bagi masa depan siswa baik dalam kehidupan beragama dalam menghadapi era globalisasi.