STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MUFRODAT KELAS VI MI NW DASAN AGUNG MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar mufrodat dalam pelajaran bahasa arab kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram”. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan kualitatif yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikan kedalam pola, kategori dan satuan uraian dasar. Analisis data menurut Bogdan & Biklen (dalam Lexy J. Moleong, 2012:248) adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceriterakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran Mufrodat Pada Siswa Kelas VI dimulai dengan guru melafalkan Mufrodat atau kalimat bahasa Arab, kemudian semua siswa mengikuti apa yang dilafalkan tersebut baik secara kelompok maupun individu. Dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pelajaran Mufrodat memang sudah seharusnya menjadi latihan tersendiri bagi semua siswa mulai dari mendengarkan Mufrodat, melafalkan Mufrodat dan menterjemahkan arti Mufrodat. Sehingga dengan demikian pelajaran Mufrodat tersebut menjadi pelajaran yang mudah untuk dipahami oleh semua siswa. (2) Kesulitan belajar pada pelajaran Mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VI lebih banyak datang daripada siswa itu sendiri. Hal itu dikarenakan siswa yang berkesulitan belajar tersebut belum lancar dalam membaca Al-Qur’an baik pada pelafalan kata, kalimat, maupun ujaranujaran huruf bahasa Arab yang terdapat didalam Al-Qur’an dan itu sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, tujuan pembelajaran dan pencapaian dalam pembelajaran bahasa Arabnya. Selain itu factor utama penyebab kesulitan belajar siswa adalah (factor internal) seperti minat siswa, bakat, kamauan dan lain sebagainya. (fakror eksternal) seperti lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dan sebagainya. (3) Strategi guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Mufrodat adalah dengan guru tersebut tetap belajar agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, memperbanyak khazanah pengetahuan bahasa Arab dengan memperbanyak membaca kamus-kamus bahasa Arab dan melatih semua siswa dalam halpelafalan Mufrodat, pengucapan kalimat bahasa Arab, pengujaran huruf-huruf dalam Mufrodat dan sebagainya. Selain itu, guru dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran seperti strategi demonstrasi, strategi bercakap-cakap, strategi bercerita dan strategi bermain. Sebagai acuan bagi guru agar proses pembelajaran berjalan seperti yang diharapkan.