PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGARAF DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN 7 MONTONG BA

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan setiap materi pada berbagai mata pelajaran merupakan salah satu penentu keberhasilan pembelajaran. Media pembelajaran yang tersedia di lingkungan sekitar sangat banyak, namun terkadang tidak pernah dimanfaatkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis pada siswa kelas II SDN 7 Montong Baan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket/tes, dan wawancara. Hasil penelitian tindakan ini adalah menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis pada siswa kelas II SDN 7 Montong Baan sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan persentasi keberhasilannya adalah 19%. Setelah dilakukan tindakan penggunaan media gambar hasil belajar tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dengan persentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 57,69% dengan kriteria baik dan siklus II adalah 84,61% dengan kriteria sangat baik.