EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENJELASKAN PROSES PEMILU DAN PILKADA PADA SISWA KELAS VI SDN 7 MONTONG BAAN

Abstract

Metode diskusi adalah metode pembelajaran berbentuk tukar menukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama. Prinsip ini perlu ditanamkan pada siswa sebagai sarana belajar mengungkapkan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7 Montong Baan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas VI SDN 7 Montong Baan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket/tes, dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati jalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai. Sedangkan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi tentang penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah menunjukkan bahwa hasil belajar PKn materi Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7 Montong Baan sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan persentasi keberhasilannya adalah 42,86%. Setelah dilakukan tindakan penggunaan metode diskusi hasil belajar tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dengan persentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 71,43% dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 91,43% dengan kriteria sangat baik.