STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA SYARIAH DI SUMATERA BARAT : ANALISIS SWOT (STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATH)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat dengan menggunakan analisis SWOT. Lokasi penelitian adalah di Sumatera Barat dan objek penelitian ini adalah pemerintah daerah Sumatera Barat yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Analisis data menggunakan analisis model SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa stretegi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat adalah menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, diimplementasikan melalui suatu Gerakan terpadu pengembangan kepariwisataan, Rapat-Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Stakeholder terkait, kesepakatan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota menjadikan Sumatera Barat sebagai Destinasi Wista Halal, terpilihnya  Sumbar sebagai Destinasi Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai Destinasi Kuliner Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal Destination, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal  Culinary Destination, Sosialisasi Wisata Halal bagi Stackholder Pariwisata, memberikan  subsidi untuk pengurusan Sertifikasi Halal untuk industri  (rumah makan/restoran), menyusun Ranperda Pariwisata Halal.