PENDEKATAN PSIKOLOGI AGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA AL-MUKHLISIN KAMPAO BLEGA BANGKALAN

Abstract

Tingkat efektivitas pembelajaran di MA AL-Mukhlisin Kampao, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan sebagian dipengaruhi kepribadian pendidik dan  juga kepribadian peserta didik. Hal tersebut tidak lepas dari peran atas perilaku, sebab satu sama lain harus saling mendukung. Pada konteksnya, pendidik yang mempunyai perilaku yang efektif mempunyai konsep mengajar yang jelas, memakai metode dan media pembelajaran yang bervariasi, dan memakai pembelajaran yang kontekstual. Sedangkan perilaku peserta didik dapat ditinjau dari segi sikologinya dengan mengikuti aturan-aturan yang diberikan oleh guru. Berkaitan dengan ruang lingkup pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak di MA Al- Mukhlisin, menggunakan pendekatan Psikologi Agama. Dentensinya, pendekatan psikologi agama bagian dari ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan gejala-gejala jiwa manusia berkaitan dengan agama sebagai bentuk keyakinan. Konteks sebagai acuan untuk membahas permasalahan tersebut, menggunkan metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode penganalisisan atas semua data yang diperoleh. Adanya hasil penelitian mengenai pendekatan Psikologi Agama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Mukhlisin, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut. Dalam pembentukan karakter siswa pada proses pembelajaran yang ditinjau dari psikologinya oleh guru Akidah Akhlak, ditelusuri adanya tekanan-tekanan batin yang menimpa pada diri siswa yang sangat berpengaruh atas tercapainya sebuah tujuan dari pembelajaran. Faktor Pendukung Pelaksanaan Pendekatan Psikologi Agama Pada Pembelajaran tersebut di antaranya; sarana dan prasarana, budaya sekolah, dan semangat siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran ini yaitu, kurangnya dukungan orang tua dan perbedaan individu.