ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM UPAYA PENCAPAIAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis faktor peningkatan kinerja guru di sekolah dalam upaya pencapaian proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga menghasilkan mutu pendidikan yang tinggi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang berada di Ciputat Tangerang Selatan, penelitian menggunakan analisis kuantitatif, data penelitian di analisis menggunakan analisis korelasi dan regresi, dari hasil penelitian didapati bahwa faktor motivasi kinerja, etos kinerja, lingkungan kinerja, tugas dan tanggung jawab, serta optimalisasi kinerja memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, faktor etos kinerja dan motivasi kinerja merupakan faktor yang secara dominan mempengaruhi kinerja guru di sekolah, sehingga peningkatan kinerja guru dapat dilaksanakan dengan adanya perbaikan dan peningkatan terhadap faktor tersebut, serta mengutamakan adanya strategi yang baik dan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas factor-faktor kinerja guru, terutama pada factor etos kinerja dan motivasi kinerja guru di sekolah