PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Abstract

Kedisiplinan menjadi salah satu perhatian serius dalam lembaga pendidikan, dalam sekolah masih ada ketidakdisiplinan yang terjadi, sehingga dibutuhkan penanganan yang tepat dalam mengurangi dan mencegah terjadinya ketidakdisiplinan di sekolah. Kedisiplinan sangat dibutuhkan baik oleh guru maupun siswa dalam proses pembelajaran, tanpa adanya kedisiplinan proses pembelajaran tidak akan berhasil secara maksimal. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengkaji dan menganalisis tentang disiplin belajar siswa yang dikaitkan dengan kepemimpinan kepala sekolah serta kompetensi guru. Penelitian dilakukan terhadap guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Ciputat, Tangerang Selatan, dengan menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dari penelitian ini didapati bahwa kedisiplinan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa, adanya kepemimpinan kepala sekolah yang mengedepankan kualitas proses pembelajaran serta adanya guru yang memiliki kompetensi baik akan memberikan perubahan yang berarti pada kedisiplinan belajar siswa di sekolah