Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru
Abstract
Potensi akal merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan memiliki potensi akal diharapkan seseorang mampu belajar dengan kreatif. Potensi akal yang dimiliki oleh siswa pada dasarnya untuk mengembangkan kreativitas belajar siswa termasuk dalam mempelajari bidang studi pendidikan agama Islam. Tetapi berdasarkan pengamatan penulis siswa SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru masih terdapat gejala-gejala yaitu terdapat sebagaian peserta didik yang kurang berani mengajukan pertanyaan, sebagaian peserta didik yang kurang mampu memberi gagasan, sebagian peserta didik yang kurang memiliki rasa ingin tahu, sebagian peserta didik kurang mampu memberikan alternatif gagasan ketika ada persoalan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan potensi akal dengan kreativitas belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMK Kanada Sukura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan potensi akal dengan kreativitas belajar Siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMK Kanada Sukura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Jenis Penelitian yang penulis lakukan adalah korelasi. Adapun teknik yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang disebarkan kepada 48 responden yang merupakan siswa SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan potensi akal dengan kreativitas belajar Siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sukura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, dan tingkat hubungannya sebesar 0,908.