Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan akhlak Mulia serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian adalah kualitataif yang dilaksanakan di SMA Setia Dharma Pekanbaru dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Untuk pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan Focus roup Discussion. Tehnik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verifikasi data kemudian menarik kesimpulan dari data-data  yang telah disajikan secara bertahap hingga menjadi temuan penelitian. Tulisan ini menyimpulkan bahwa:kepala sekolah dan para guru sudah berupaya mengimplementasikan pendidikan akhlak mulia kepada para peserta didik baik dari aspek pendidikan keteladanan, pembiasaan, perhatian, pemberian nasehat, dan hukuman yang mendidik. Faktor pendukung dari kepala sekolah yang berupaya mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada warga sekolah dan adanya kerjasama antara kepala sekolah dan komponen lainnya.  Faktor  penghambat masih kurang memadainya musholla dan alokasi dana untuk kegiatan keagamaan.