STUDI KOMPARASI AKHLAK SISWA BOARDING SCHOOL DAN NON BOARDING SCHOOL DI SMA AL-MA’SOEM SUMEDANG

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika Akhlak siswa yang semakin krusial, serbuan arus liberalisme yang tidak terbendung seolah mempengaruhi ‘style’ di kalangan remaja, sikap hedonis menjadi gaya hidup yang seringkali menabrak rambu-rambu dalam beragama dan bernegara, di sisi lain sekolah-sekolah yang berbasis Islam terus menjamur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan Akhlak siswa boarding school dan non boarding school di SMA Al-Ma.soem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jenis rancangan komparatif dua variabel bebas, dengan desain penelitian survei berupa angket. Data diambil dengan teknik penarikan sampel berkelompok satu tahap (cluster random sampling), adapun teknik pengolahan data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial dengan bantuan Microsoft Excel dan Sofware SPSS 20. Berdasarkan semua dimensi Akhlak yang dijadikan penelitian, yaitu Akhlak terhadap diri sendiri, Akhlak terhadap orang tua dan keluarga, dan Akhlak terhadap sesama manusia dan masyarakat, maka hasil penelitian setelah dibandingkan dari ketiga dimensi tersebut, diketahui bahwa Akhlak siswa boarding school dan siswa non boarding school dengan menggunakan rumus Chi kuadarat diperoleh nilai sebesar 0,107. Jika dilihat pada chi kuadrat tabel taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 5,991, maka nilai chi kuadrat pada penelitian ini lebih kecil yaitu 0,107< 5,991. Dari hasil tersebut diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan Akhlak siswa boarding school dan siswa non boarding school.