EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 BANDUNG

Abstract

Sebagaimana kehidupan, dunia pendidikan tidak luput dari suatu permasalahan. Termasuk permasalahan yang terjadi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Terkadang dalam beberapa kesempatan, siswa mengidentikkan pembelajaran PAI dengan mengantuk dan monoton, sehingga beberapa siswa kurang menguasai materi pembelajaran PAI. Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam materi-materi PAI, menjadi salah satu permasalahan yang diindikasikan membuat siswa kurang menangkap materi pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam proses pembelajaran PAI adalah flip book. Flip book merupakan lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender berukuran 11 x 13 cm. Media ini bisa digunakan perindividu atau kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaranflip book terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan quasi experimental design. Adapun jenis desain eksperimen semu dari penelitian ini yaitu desain nonequivalent control group design, dimana kelompok eksperimen maupun kontrol  tidak dipilih secara random. Untuk instrumen yang digunakan berupa tes objektif  ranah kognitif dengan bentuk soal pilihan ganda. Sedangkan, untuk analisis data meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, perhitungan gain ternormalisasi, uji t-test yang terdiri dari uji paired sample test dan uji independent sample test. Hasil pengolahan data dengan uji independent sample test, data post-test kelas eksperimen dan kontrol, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,617 > 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan, jika nilai sig.(2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, media pembelajaran flip book yang digunakan oleh kelas eksperimen, tidak lebih efektif dari kelas kontrol dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung.