PROBLEMATIKA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 31 Padang)
Abstract
The background of this study is the change of curriculum to 2013 Curriculum, this change gives certain difficulty for the teacher because the change of the way to make Lesson Plan, especially in assessment that should made specially by the teacher. The result of the study shows that (1) the problematic that foun of the teacher of islamis study in planning is lack of understanding of the concepts that exist in 2013 curriculum, in learning practice is lack of teacher expertise in stimulating students' thinking in learning activities, (2) the problematic that foun of the teacher of islamis study in assessing while the learning process is too many types of assessments in the 2013 curriculum, (3) the solutions that faced and feelt by the teacher and the writer are give the reward, follow the trainings about 2013 curriculum, sharing between the teachers, follow the sosialisation, follow the MGMP, and the thers that can rise the teacher knowledge.Latar belakang penelitian adalah terjadinya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013,perubahan tersebut memberikan kesulitan tersendiri bagi guru dikarenakan adanya perubahan dalam pembuatan RPP terutama dalam aspek penilaian yang harus dirancang secara khusus, hal ini memberikan kesulitan tersendiri bagi para guru terlebih yang belum mendapat pelatihan maksimal mengenai kurikulum 2013. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa (1) problematika yang dihadapi guru PAI dalam perencanaan kurang memahami konsep yang ada pada kurikulum 2013 dan dalam pelaksanaan pembelajaran kurang keahlian guru dalam meransang pemikiran peserta didik pada kegiatan pembelajaran, (2) problematika yang dirasakan guru PAI dalam penilaian pembelajaran dalam kurikulum2013 kurangnya waktu dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sulitnya penilaian dan serta terlalu banyaknya jenis penilaian dalam kurikulum 2013 khususnya pada penilaian sikap, (3)solusi terhadap problematika implementasi kurikulum 2013 yang dihadapi atau dihadapi guru PAI di SMPN 31 Padangdengan cara melakukan pendekatan serta memberikan hadiah (reward), mengikuti pelatihan-pelatihan terkait Implementasi Kurikulum 2013, sharing antar sesama guru, mengikuti sosialisasi, MGMPlain sebagainya yang sekiranya bisa menunjang pemahaman guru.