PENGARUH PROFITABILITAS, PENGHARGAAN, DAN ISLAMIC GOVERNANCE SCORE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, penghargaan, Islamic governance score, terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada bank umum syariah yang terdaftar di OJK. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari official website dengan populasi 13 bank umum syariah di Indonesia. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebanyak 11 bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2012-2016. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda dengan program SPSS IBM 21 dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dan determinasi (R2). Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas dan variabel Islamic governance score tidak memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Sedangkan variabel penghargaan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Secara simultan profitabilitas, penghargaan, dan Islamic governance score berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh Islamic social reporting sebesar 31,1% sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Penghargaan dan Islamic Govermance Score.