PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN WAIHERU AMBON DALAM MENGERJAKAN SOAL PERKALIAN BILANGAN BULAT
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju sangat berpengaruh terhadap pendidikan. Banyak pandangan yang memberikan arah baru terhadap proses dan dimensi-dimensi pendidikan yang semakin mendorong terjadinya perubahan konsep dan cara pandang terhadap eksitensi pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai kerangka berpikir dalam memahami persoalan pembelajaran. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir Peserta didik kelas VII MTs Al-Muhajirin Waiheru Ambon dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir Peserta didik kelas VII MTs AlMuhajirin Waiheru Ambon dalam mengerjakan soal perkalian bilangan bulat. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 1 orang Peserta didik berkemampuan tinggi (S1), 1 orang Peserta didik berkemampuan sedang (S2) dan 1 Peserta didik berkemampuan rendah (S3). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tahap-tahap berdasarkan pendapat Milles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses berpikir Peserta didik MTs Almuhajirin waiheru ambon dalam mengerjakan soal perkalian bilangan bulat memiliki stuktur berpikir yang sangat lengkap yaitu pada S1, hampir lengkap yaitu pada S2 dan tidak lengkap yaitu pada S3. Kata Kunci : Proses Berpikir, Mengerjakan Soal, Perkalian Bilangan Bulat.