Persepsi Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika di Universitas Muhammadiyah Makassar dalam Memecahkan Masalah Matematika Geometri

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui pemahamn guru terhadap keterampilan berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa matematika di Universitas Muhammadiyah Makassar. Data tentang persepsi mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kreatif dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada semua mahasiswa. Data tentang keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah geometri dikumpulkan dengan menggunakan tes pemecahan masalah open ended yang disebarkan ke semua mahasiswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan penyimpulannya di dasarkan atas persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) 90,47% calon guru belum memahami dan mengenal konsep keterampilan berpikir kreatif dan 99,04% calon guru belum pernah mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa dan 1,9% calon guru berada pada kategori tingkatan keterampilan berpikir pada tingkatan sangat kreatif, 2,86% calon guru berada pada tingkatan keterampilan berpikir kreatif pada kategori kreatif dan 95,23% calon guru berada pada kategori tidak kreatif. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Calon Guru, dan Pemecahan Masalah