Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan melalui Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Masohi Kabupaten Maluku Tengah
Abstract
Pembelajaran matematika yang digunakan selama ini adalah pembelajaran konvensional, dimana metode tersebut pengetahuan lebih banyak ditransfer oleh guru kepada siswa. Pembelajaran konvensioanl didominasi oleh ceramah dan cara-cara yang mengedepankan pemberian pengetahuan prosedural. Dengan cara seperti itu, tidak akan cukup untuk membuat siswa memahami matematika secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran peer lessons guna meningkatkan hasil belajar materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 3 Masohi yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes, lembar observasi dan angket. Berdasarkan evaluasi proses dan evaluasi hasil pada setiap pembelajaran dapat dikemukakan bahwa pembelajaran pada siklus I, baik secara proses maupun hasil belajar sudah baik. Ini terlihat dari hasil pengamatan bahwa siswa bekerja sama dalam kelompok, siswa berani bertanya kepada sesama anggota kelompok dan pemahaman terhadap materi sudah baik. Demikian juga pada pembelajaran siklus II, secara proses maupun hasil sangat baik. Siswa saling memberikan masukan dan saling memberi penjelasan kepada temannya. Pada siklus I data yang diperoleh adalah 14 siswa atau 56% mencapai KKM dan 11 siswa atau 44% belum mencapai KKM. Sedangkan siklus II, data yang diperoleh terdapat 23 siswa atau 92% mencapai KKM dan 2 siswa atau 8% tidak mencapai KKM. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar materi himpunan melalui penerapan model pembelajaran peer lessons pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Masohi. Kata kunci : Hasil Belajar, Peer lessons, dan Himpunan