PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP AL-HILAAL TELUTIH BARU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berperan aktif dalam proses diskusi kelompok dan saling membantu satu sama lain dalam menguasai pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi himpunan siswa kelas VII1 dan VII2 SMP AL-Hilaal Telutih Baru Kabupaten Maluku Tengah. 2) besar pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi himpunan siswa kelas VII1 dan VII2 SMP AL-Hilaal Telutih Baru Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII1 dan VII2 SMP AL-Hilaal Telutih Baru yang berjumlah 55 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisi menggunakan statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, persamaan linier regresi sederhana, uji-t dan koefisien determinasi. Berdasarkan uji hipotesis nilai model pembelajaran kooperati STAD terhadap kemampuan komunikasi dengan menggunakan uji analisis linier sederhana diketahui bahwa Fhitung = 33,828 > 1,570884 = Ftabel atau nilai Sig. = 0,000 < α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif STAD (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika (Y) khususnya materi himpunan. Dengan besar pengaruhnya adalah 90,4 %, sedangkan sisanya sebesar 9,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang di luar model regresi ini. Persamaan regresi linear sederhana Y = -25,311 + 1,186 X. Ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat diperkirakan apabila skor kemampuan komunikasi matematika diketahui yaitu setiap kenaikan variabel model pembelajaran kooperatif STAD (X) satu satuan akan diikuti dengan kenaikan variabel kemampuan komunikasi matematika (Y) sebesar 1,186 satuan dengan nilai konstan sebesar -24,125. Selanjutnya, nilai t hitung untuk koefisien regresi adalah 22,375 dengan nilai Sig. = 0,000. Bila dibandingkan dengan α = 0,05 untuk nilai Sig. lebih kecil dari α. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif STAD, Kemampuan Komunikasi, Himpunan